Rabu, 01 Juli 2015

Material Dasar Kitchen Set



Material Dasar Kitchen Set
Merupakan bahan utama yang harus ada alias bahan pokok untuk membuat kitchen set. Material dasar kitchenset dibagi menjadi sbb :
Material Dasar Kayu untuk Kitchen Set
Kayu Solid atau Padat
Kitchen set yang dibuat dari material ini mempunyai daya tahan yang cukup lama. dari segi penampilan material kitchen set dari kayu juga terlihat elegan, karena kita dapat membuat profil-profil dan detail di kayu sehingga dapur terlihat cantik. Kayu solid yang biasa digunakan untuk membuat kitchen set diantaranya adalah kayu jati, kayu meranti dll. Faktor pengganjal untuk menggunakan bahan ini adalah harga yang cukup makahal terlebih kayu yang digunakan adalah kayu jati dengan kualitas No 1
Kayu Solid Kitchen SetKayu Solid

Triplek / Multiplek
Kayu lapis atau sering disebut triplek adalah sejenis papan pabrikan yang terdiri dari lapisan kayu (veneer kayu ) yang direkatkan bersama-sama. Kayu lapis merupakan salah satu produk kayu yang paling sering digunakan. Kayu lapis bersifat fleksibel, murah, dapat dibentuk, dapat didaur ulang, dan tidak memiliki teknik pembuatan yang rumit. Kayu lapis biasanya digunakan untuk alternatif pengganti kayu solid karena lebih tahan retak, susut, atau bengkok.
Triplek Kitchen Set
Triplek atau Multiplek
Lapisan kayu lapis (yang biasa disebut veneer) direkatkan bersama dengan sudut urat (grain) yang disesuaikan untuk menciptakan hasil yang lebih kuat. Biasanya lapisan ini ditumpuk dalam jumlah ganjil untuk mencegah terjadinya pembelokan (warping) dan menciptakan konstruksi yang seimbang. Lapisan dalam jumlah genap akan menghasilkan papan yang tidak stabil dan mudah terdistorsi.Saat ini kayu lapis tersedia dalam berbagai ketebalan, mulai dari 0,8 mm hingga 25 mm dengan tingkat kualitas yang berbeda-beda.
Teakblock
Sama seperti triplek atau multiplek, Teakblock juga terdiri dari beberapa lapis plywood. perbedaanya adalah pada lapisan terluarnya plywoodnya terbuat dari kayu jati. Tujuannya sudah jelas yaitu untuk membuat penampilan seperti kayu jati namun harga bisa ditekan serendah mungkin.
Teakblock Kitchen set
Teakblock
Bagian-bagian Utama Kitchen Set
Kabinet Kitchen Set
Lemari kabinet merupakan bagian dari kitchen set yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan berbagai peralatan dapur serta kebutuhan memasak lainnya. Bahan dasar yang umum digunakan untuk lemari kabinet adalah kayu solid dan kayu olahan. Kabinet ini terdiri dari dua kategori yang dibedakan dari peletakkannya
Kabinet atas Kitchen Set
Lemari kabinet atas dilengkapi dengan penghisap asap dan digunakan untuk menyimpan peralatan makan dan pernak-pernik ukuran kecil lainnya. Tinggi lemari kabinet atas idealnya adalah sejangkauan tangan , sehingga kita mudah untuk mengambil barang – barang yang diperlukan tanpa harus menggunakan bantuan tangga.
Kabinet Kitchen Set
Kabinet Kitchen Set
Kabinet Bawah Kitchen Set
Lemari kabinet bawah biasanya dilengkapi ruang kabinet yang cukup luas sehingga dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang yang sering digunakan dan barang yang apabila jatuh dapat membahayakan. Beberapa peralatan memasak ukuran besar seperti panci, penggorengan, pisau dan sebagainya.
Top Table Kitchen Set
Top Table adalah bagian kitchen set yang berfungsi sebagai meja kerja untuk melakukan persiapan memasak. Material top table sendiri haruslah kuat, antigores, tahan panas dan air, serta memiliki permukaan yang mudah dibersihkan. Karena area ini adalah tempat utama untuk kegiatan memotong, menumbuk dll sebelum memasak.
Top Table Kitchen Set
Top Table
Pilihan Material Top Table Kitchen Set
GRANITE / BATU GRANIT
Granit memiliki pilihan motif dan warna yang beragam sehingga membuat kitchen set terlihat berkelas, mewah, dan elegan. Karena terbuat dari batu alam, top table jenis ini lebih kuat  dan memberikan kesan dingin. Granit tidak mudah patah, tahan panas dan gores. Dibandingkan material dari batu alam lain, granit lebih praktis dirawat dan indah dipandang. Namun harganya relatif mahal dibandingkan jenis top table lainnya. Selain itu, granit memiliki pori-pori pada permukaannya sehingga kotoran dapat masuk ke dalam pori-porinya sehingga kebersihan harus benar-benar terjaga.
Top Table Kitchen Set
Granit
MARMER
Marmer lebih mulus ketimbang granit. Suhu marmer dingin, tahan terhadap panas, namun kelemahannya adalah mudah menyerap noda. Karena memiliki pori-pori yang lebih besar dari Granit pada permukaannya, sehingga kotoran dapat masuk ke dalam pori-pori yang dapat menumbuhkan bakteri. Pada perawatannya, kebersihan marmer harus benar-benar terjaga. Harga marmer relatif lebih mahal daripada granit.
Top Table Kitchen Set
Marmer
FORMATOP ( SOLID SURFACE )
Formatop / Solid surface adalah material sintetis mirip granit atau marmer yang terbuat dari campuran akrilik, polyesteresin, dan pigmen warna. Bahkan beberapa produsen membuat solid surface dengan 100% akrilik. Meskipun berbahan dasar plastik, tampilan solid surface memiliki motif dan warna seperti granit dan marmer.
Top Table Kitchen Set
Formatop ( Solid Surface )
Kelebihannya dibandingkan marmer atau granit sebagai berikut :
·                     Kuat, ringan, dan tahan gores.
·                     Higienis, tidak berpori, tidak menimbulkan noda, mudah dibersihkan bila terkena saus, cuka, kecap, kopi, dan bahan kimia lainnya serta mudah dalam perawatan. Tidak adanya pori membuat bakteri, lumut, jamur tidak berkembang biak didalamnya.
·                     Proses pengerjaan dan pemasangan tergolong mudah karena hanya menggunakan mesin atau alat pertukangan kayu biasa.
·                     Seamless, sambungan tidak nampak sehingga tampilan lebih elegan.
·                     Nonporous dan homogen, sehingga air tidak meresap ke dalam kabinet.
·                     Sangat mudah di bentuk sehingga dapat dibuat melengkung atau membuat Sink menyatu dengan tabletop.
Namun solid surface juga memiliki kekurangan, yaitu kekuatannya masih kalah dibandingkan dengan granit alam dan ketahanan goresnya dapat berkurang jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Rentan terhadap panas dengan suhu diatas 180 derajat celcius.
Untuk perawatan, apabila goresan oleh benda tajam tidak terlalu dalam, maka akan dapat dihilangkan dengan cara memolesnya.
Karena memiliki kefleksibelan dalam bentuk, maka materialnya cocok untuk aplikasi dimana saja dan diruangan apa saja tergantung dengan ide kreatif dari anda.
Backsplash Kitchen Set
Backsplash adalah area yang berada diantara top table dengan cabinet kitchen set bagian atas. Untuk material bahan yang biasanya digunakan adalah sbb :
Backsplash Keramik
Kelebihan Backsplash kitchen set dari keramik adalah tersedia dalam berbagai ukuran, memiliki keragaman motif yang kaya dengan pola-pola indah, tahan terhadap air dan suhu panas serta mudah untuk dibersihkan.
Backsplash Kitchen Set
Backsplash berbahan Keramik
Kelemahan material ini adalah pada nat yang perlu dibersihkan secara teratur. Harga keramik dan mozaik lebih terjangkau. Sehingga bagi anda yang memiliki budget ( anggaran ) yang terbatas, tetap akan bisa memiliki kitchen set / dapur yang indah dengan memilih menggunakan material keramik untuk backsplash.
Backsplash Cermin
Secara estetika, Backsplash kaca dan cermin untuk kitchen set dapat memberikan penampilan yang cantik. Hanya saja kekurangan material ini adalah kerapuhannya yang mudah pecah sehingga berpeluang membahayakan dan untuk, perawatan pada cermin cenderung sulit ketika mengalami flek pada lapisan silvernya yang dikarenakan kelembapan dan air.
Backsplash Kitchen Set
Backsplash berbahan Kaca
Backsplash Mika
Untuk Backsplash kitchen set berbahan mika, pada awal pemasangan memberikan kesan cantik, tetapi lambat laun akan kusam dan lapisannya sangat mudah tergores. Meskipun untuk harga sangat murah, tetapi material mika tidak tahan lama dan kemungkinan akan menyebabkan pemborosan untuk perbaikannya.
Backsplash Kitchen Set
Backsplash berbahan Mika
Backsplash Marmer dan Granit
Selain untuk material top table kitchen set, jenis batu alam ini juga dapat digunakan untuk backsplash kitchen set anda.
Backsplash Kitchen Set
Backsplash berbahan Marmer
Itulah beberapa bagian-bagian utama dan material dasar yang dapat anda gunakan untuk membuat kitchen set. Adapun untuk memilih mengunakan material yang mana anda dapat mengkonsultasikannya lebih jauh ke penyedia jasa pembuat kitchen set seperti juga di Rizky Bali Contraktor Houzz Interior Kitchen Set.

Tidak ada komentar: